(VACAY) Malang!!!

Juni 04, 2017

Halo gaes..
Udah lama banget semenjak postingan terakhir. Bay the way alhamdulillah setelah menghadapi kecelakaan yang dramatis itu (lihat blog bawah yeee) sekarang sudah normal lagi. Singkat cerita tali-tali penghambat punggung, bahu, dan leher sudah terlepas dari awal bulan Maret. Kata dokternya pun tulang selangka di bahu kiri gue tersambung dengan bagus (dokternya sambil mencet-mencet bahu gue lagi, ya kali dok masih sakit T_T). Dengan begitu kuliah mahasiswi tingkat akhir ini bisa berjalan dengan normal kembali.
Oke kembali ke ceritanya gaes..
Ceritanya dimana mahasiswi ini mulai jenuh dengan aktivitasnya yaitu kuliah. Akhirnya bersama rekan mitra SMA-nya mengadakan untuk refreshing sejenak dan kebetulan ada acara keluarga. Jadi sambil menyelam minum susu (masya Allah godaan orang puasa. cerita sambil bayangin makanan deh T_T). Oke lanjut. Setelah persiapan yang tidak cukup matang jadi setengah matang akhirnya diputuskan untuk berlibur ke kota MALANG. YEAY! Kiki dan Upik itulah sebutan rekan mitra SMA itu. Dengan bermodalkan backpacker-an (katanya sih backpacker biar gahoel) dan modal yang seminim-minimnya kita mulai dengan cari tiket kereta.
Pada hari cari tiket kereta...
Upik setelah kuliah langsung menemui Kiki di rumahnya. Lalu karena belum sarapan jadi mereka sarapan dulu di Nasi Jinggo Khas BALI yang ada di alun-alun kidul Yogyakarta (btw aslinya emang orang JOGJA gaes hehehe). Review Warung Makan Khas BALI ini kapan-kapan deh di tulisnya heheheee. Lanjut. Setelah makan dengan kenyang, akhirnya kembali melanjutkan perjalanan ke stasiun lempuyangan. Karena kita adalah orang yang irit karena enggak punya duit maka kami memutuskan naik kereta ekonomi (namanya juga backpacker. heleh -_-). Sesampainya di stasiun lempuyangan, fiks kita kayak orang linglung cap bego. Stasiun lempuyangan memang habis diperbarui alias baru selesai di bangun ulang. Hal itu menyebabkan kita bingung masuknya lewat mana dan nanti bagaimana cara pemesananannya. Oke terlihat konyol memang padahal tulisan blog gue mahasiswi tingkat akhir yang sukanya jalan-jalan tapi pesen tiket kereta aja bingung. PLEAS ABAIKAN!!! LANJUT!!!
Akhirnya setelah tanya dengan tukang parkirnya kita bisa masuk ke stasiun lempuyangan. Sesampainya di dalam gileeeeeeee rame amat nih stasiun sampai ada yang nyesot-nyesot segala, padahal masih bulan April bulannya buat para pelajar UN tetapi ini sih rame kebangetan kayak mau mudik. Lalu kita tanya ke petugas untuk cari info keberangkatan jam kereta ke stasiun yang kami tuju Setelah tau nih jadwal dan harganya oke fiks sekarang kita galau kayak orang habis di putusin. Ingin langsung menuju kota Malang tetapi harga tiketnya selangit dan untuk ke daerah Wisata Batu dari stasiun kota Malang juga jauh dan membutuhkan biaya. Dengan rincian sebagai berikut nih:
Kereta MALIOBORO EXPRESS dari stasiun Lempuyangan ke stasiun Kota Malang
harga Rp. 175.000,00
berangkat pukul 07.45 sampai pukul 15.43
Angkot dari Kota Malang ke Wisata Batu naik taksi sekitar harga Rp. 54.000 (dilihat dari taksi online)
Jadi total biaya kurang lebih Rp. 229.00,00
Sedangkan karena kita inginnya irit nih dengan biaya kereta yang kurang dari Rp. 100.000-an akhirnya kami memutuskan untuk memakai kereta arah Surabaya Banyuwangi. dengan rincian sebagai berikut juga nih:
Kereta LOGAWA dari stasiun Lempuyangan ke stasiun Jombang
harga Rp. 74.000
berangkat pukul 08.45 sampai pukul 14.07
Angkot dari Jombang ke Kota Malang untuk 2 orang Rp. 27.000 (pakai bis Puspa Indah)
Jadi total biaya Rp. 101.000,00
Sehingga kita memilih track ini. Pas sebenarnya sodara dan nenek gue ada yang di Jombang, tapi kita memutuskan langsung ke kota Malang karena acara keluarga yang ada di Jombang masih lama.
Dan akhirnya tiket kereta sudah terbeli dengan keberangkatan 2 hari setelah pesan tiket. Selanjutnya persiapan demi persiapan pun juga di lakukan, tapi karena gue orangnya simpel pake banget untuk packing baju dan segala macem nggak terlalu ribet bahkan satu hari sebelumnya baru packing (bukan males yeee tapi SIMPLE :p). Biasa udah kebiasaan ngelayap alias traveling sendiri jadi ya simple ajee. Sok bener -_-.
HARI KEBERANGKATAN
Oke pagi itu dari rumah pelosok gue. Oke gue bukan anak kota atau anak gahoel, gue cuma anak yang tinggal di desa dengan suara jangkrik malam hari, pukul 20.00 sudah sepi, tidak banyak pertokoan maupun gedung menjuntai ke langit. Karena yang ada hanya SAWAH. Oke lanjut heheee. Pagi itu karena my besties ini tidur di rumah gue alhasil kita bangun pagi dan siap-siap untuk berangkat ke stasiun dengan pagi sekali juga. Karena jarak antara stasiun lempuyangan dengan rumah kurang lebih 1 jam. Dan karena Kiki juga harus ambil barang packingnya di rumah jadi kita berangkat pukul 06.30 WIB. Diantar dengan supir pribadi yang merangkap pacar (cieeee nggak jomblo) lalu kita on the way stasiun eh salah rumah Kiki dulu. Biasa lah kalo di jalan raya mah nggak ada yang spesial ya gitu-gitu aja ndengerin musik, ngobrol, bercanda dan lain-lainnya. Setelah sampai di rumah Kiki, gue tinggal bentar buat beli nasi bekal yaitu nasi Jinggo khas Bali itu deket rumahnya Kiki. Dan karena gue orangnya mudah banget laper alhasil pesen ekstra jumbo hahahahaaa. Lalu jemput Kiki di rumahnya lagi dan lanjut perjalanan ke stasiun karena kita pikir waktu sudah mepet banget takut ketinggalan kereta. Karena sang pacar yang sangat pengertian dia pun berhenti ke Indomaret (maaf yee sebut merk nggak bersponsor kok) lalu membelikan beberapa makanan ringan. Uhh I love it!
Setelah itu lanjut lagi ke stasiun dengan jaraknya yang sudah dekat. Sesampainya di stasiun masih keburu untuk check in kereta dan masuk ke gerbong kereta. Kita masuk dan well ternyata kita dapet tempat duduk yang selama ini kita hindari yaitu dekat dengan toilet. Oke walaupun saat ini perkertaan api Indonesia sudah sangat bagus terutama ekonomi yang sudah ada AC nya tetapi untuk kebersihan seperti kamar mandi tetep aja masih bau banget T_T
Dan yang paling parah adalah ternyata kita jalan mundur (maksudnya nggak pas menuju ke arah timur/ jalan). Ya sudahlah karena pesannya juga terburu-buru ya sudah sebisa mungkin kita nikmati. Di dalam tempat duduk itu kita juga bareng sama bapak, ibu, dan anak dengan orang tua yang sudah tua seperti nenek dan kakek dengan anaknya yang sudah besar. Kami pun ngobrol santai juga, sarapan dengan nasi jinggo dan seperti penumpang pada umumnya menikmati perjalanan kereta atau tidur. Nothing special.
Akhirnya kita sampai di stasiun Jombang dan oh my God hujan deres, lebat, plus angin sedang melanda. Sampainya di Jombang karena hujan juga nggak kunjung reda dan kita takut nanti bakal nggak dapet bis (walau ternyata bis ada terus sampai malam) kita lari dari stasiun menuju pinggir jalan tempat bis puspa indah berhenti untuk mengambil penumpang. Setelah lari-lari lumayan nggak jauh-jauh amat karena memang hanya dekat akhirnya pas banget nemu bisnya. Sampai di dalem bis oke kita basah kuyup tapi yang penting aman sudah dalam bis menuju Malang. Dan karena sebelumnya udah boking penginapan kita tinggal hubungin pihak penginapan untuk menjemput di dekat Museum Angkut Kota Wisata Batu. Oh iya kita berangkat dari Jombang pukul 14.45 an dan sampai di Batu Malang sekitar pukul 17.00 karena memang pada saat itu jalan menuju kota Malang banyak yang sedang di perbaiki sehingga lalu lintas lumayan padat.
Sesampainya di penginapan, untuk kalian yang mau ke Malang cari nih penginapan yang semi Villa jadi jangan cari Hotel. Disamping karena mahal, kalau hotel pemandangan pun kurang menarik dan tidak bisa bercengkerama dengan keluarga lebih intrens. Cari seperti Villa atau penginapan yang bisa untuk keluarga karena pasti lebih nyaman dan tidak memakan biaya yang lebih besar. Dan kita saat ini dapat penginapan yang super duper istimewa. Dengan rumah tingkat dua dan balkon atas yang menyajikan pemandangan Gunung. Untuk kamar kita memilih untuk double bed single jadi bebas tidur sendiri-sendiri. Kamar mandi di luar namun sudah ada air panasnya. Jadi penginapan ini memang seperti rumah pada umumnya dengan ada ruang keluarga juga untuk menonton TV. Perfecto for my Holiday!!!
Karena kita juga sudah kelelahan akhirnya kita putuskan untuk beristirahat sebentar dan lanjut keluar lagi setelah maghrib karena perut kita sudah demo minta makan juga. Setelah kita beristirahat, mandi, dan dandan (namanya juga cewek) kita mau langsung jalan ke BNS (Batu Night Spectaculer) untuk makan dan menghabiskan malam pertama di Malang. Namun naas cuaca tidak mendukung untuk kita jalan-jalan karena cuaca langsung menunjukkan hujan deras. Akhirnya kita putuskan untuk jalan-jalan mencari mall yang ada di Batu Malang. Selain itu tempatnya teduh pasti banyak makanan pula (maklum cacingku sudah berdemo terus hingga berbunyi seperti ayam di cekik). Dengan bermodalkan jalan kaki akhirnya kita jalan ke Lippo Batu Malang. Dan waw dalemnya mall sepi banget gaes nggak kayak mall di Jogja. Ya namanya kota wisata yang dicari kan wisatanya bukan mallnya. Oke sampai mall tersebut kita cari makan dan makan. Setelah itu karena sudah cukup lelah juga kita mengelilingi mall kecil itu yang di dalamnya tidak ada apa-apanya kita kembali pulang ke penginapan dan kembali beristirahat. Menyiapkan tenaga untuk VACAY esok hari.
to be continue......

You Might Also Like

19 komentar

1. pengen ke Malang tapi belum kesampaian aja nih mbak, pengen ke batu sama jatim park juga soalnya heheee

2. mba lutfi ditunggu foto foto keseruan jalan-jalannya di malang, semoga tugas akhirnya segera rampung dan bahunya bisa sehat terus jadi jalan2nya bisa berlanjut juga :*

3. Bener banget! Lebih baik cari villa instead of hotel kalo di Malang.
    Cerita kamu ini seru banget, beb. Wkwk, aku berasa ikutan traveling sama kamu jadinya pas baca postingan kamu ini.
    Jadi kangen ke Malang lagi, deh.

4. Baca tulisan ini aku jadi kangen sama Malang dan Bromo. Belum semuanya di eksplore dan trip terakhir ke Malang malah belum di tulis hahahaha

5. wah asik banget nih malang, aku pengen banget berkunjung ke malang, pengen ke museum angkut nya, tempatnya bagus dan instagramable yaaa,

6. Keren nih traveling ngeteng, jd punya cerita tersendiri. Aku br ada rencana ke malang, pengen ke bromo sm museum angkut yg fenomenal. Hihi

7. Wahh aku jd pengen ke Malang.rencanain dr tahun2 lalu blm kesampaian jugaa...

8. Widiih keliatan nya seru banget ya.. aku belum kesampean nih ke malang. Semog taun ini atau taun dpn kesampean traveling ke malang juga.

9. baca ceritanya aja udah seru banget nih, cuma kurang foto fotonya aja biar yang baca makin nyata berimajinasinya xD

10. Sambil baca bayangin situasinya. Request fotonya dong kak biar komolit gotu sambil baca. Malang memang selalu ngangenin

11. Wah bisa jadi referensi ku pas liburan ke Malang nih kak. Aku belum pernah ke Malang sih, jadi emang masi buta arah kalau kesana hehe

12. Wahh, tahun lalu aku ke Malang sekitar 4 hari, tapi berasa belum puas.. Disana bener-bener banyak tempat wisata seru ya beb! DItambah dengan suhu disana yang sejuk bikin betah.. :D

13. Dari dulu emang Malang jadi salah satu daftar destinasi kota yang pengen aku kunjungin deh. Di sana selain wisatanya yang bagus, udaranya juga sejuk kan yah beb. Hehe, wah infonya cocok banget buat yang mau liburan ke malang nih, jadi bisa nyiapin budget..

14. Seru banget ya, aku belum pernah ke Malang nih, pengen banget ke sana pakai kereta juga. Menambah wawasan aku tentang Malang nih, thank you kak. ^^

15. Wah keren banget dong liburan ala backpacker gitu, ajak2 Eny nanti dong liburan murah kan hihihi

Enychan

16. seru bangettt. aku juga suka liburan yg muramura dan lebih menikmati makanan setempat. ntw ditambah fotofogo kak biar lebih seru blogmya hehe

17. masya Allah tabarakallah aku jadi kangen sekali sama Malang aku pernah ke Malang dan Batu di Februari 2017 Alhamdulillah kemarin explore Malang dan naik ke bromo juga

18. Eh sambil membaca ceritanya aku berharap ada selipan gambar tapi ternyata ga ada selipan gambar ya :( semoga nanti kalo cerita-cerita begini, akan asa gambarnya biar tambah seru.

19. Mudah 2an jadi nih liburan sekolah nanti ajak anak2 untuk travelling luar kota pertama kalinya :)