CARA MENJADI BLOGGER UNTUK PEMULA

April 17, 2019


Hellooo beautiful people

Wellcome back to my blog. Kali ini aku mau sharing pengalaman aku minggu. Sebelumnya aku baru aja ikut  komunitas – komunitas yang menampung hobi aku sekarang. Komunitas ini termasuk komunitas yang sangat bermanfaat banget buat aku. Komunitas apa sih? Nama komunitasnya adalah hijab beauty blogger vlogger yang sering disingkat HBBV. Di dalam komunitas tersebut banyak banget kegiatannya, mulai dari collab makeup, sharing pengalaman menggunakan suatu product, dan juga ada sharing untuk blog dan vlog. Nah minggu ini ada sharing tentang cara memulai menjadi blogger. Bagaimana sih cara menjadi blog dan apa aja yang aku dapet? Simak berikut ini yah.

Pertama-tama memulai suatu kegiatan ringan seperti menulis sangat sepele sebenarnya namun terkadang terasa berat. Namun ada juga yang menganggap kegiatan ringan menulis adalah hobi dan bisa jadi itu adalah sebuah peluang untuk memulai bisnis dan menjadi sebuah pekerjaan. Dunia saat ini juga sudah beralih dari yang jamannya kertas menulis di buku, sekarang pun berpindah ke teknologi. Teknologi untuk menulis pun juga sudah bermacam-macam. Salah satunya adalah blog. Blog adalah tempat dimana kita bisa menulis diary, atau menulis lainnya secara digital. Blog sendiri kini juga sudah banyak berkembang dari beberapa domain yang ada seperti blogspot dan wordpress.

Cara pemula menjadi seorang blogger. Sesungguhnya ini sangat mudah. Yang pertama tentu saja kalian harus mempunyai akun di blogspot.com. jika belum kalian bisa daftar disini. Lalu selanjutnya kalian pilih nama blog kalian sesuai dengan yang kalian inginkan. Lalu apa saja yang harus dilakukan. Yap pertama kalian harus memilih tema. Jika kalian ingin menjadikan blog yang ingin dikenal atau dibaca orang, pastikan tema yang kamu terapkan di blog kamu adalah tema yang menarik. Sebenarnya tema bisa saja semua sama, namun dari tulisan dan penempatan tata letak menjadikan blog yang kamu miliki mencerminkan dirimu sendiri. Lalu bagaimana cara memilih tema yang tidak hanya di blogspot?

Cara yang pertama adalah pilih di web lain. Beberapa link contoh yang digunakan adalah https://www.template.net/cms-templates/blogger-templates/free-blogger-templates/ atau bisa juga cari di google dengan keyword "Download tema untuk blog". Setelah download langkah selanjutnya adalah :
1. Kompres RAR menjadi satu folder
2. Buka Blog kamu
3. Buka Tema
4. Klik Backup/ Pulihkan
5. Klik download terlebih dahulu sehingga tema yang sebelumnya dan kamu setting tidak hilang
6. Klik Pilih File, lalu masukkan yang terdapat dalam folder tadi yang XML dan klik upload
7. Klik simpan
8. Klik tata letak dan kalian bisa sesuaikan tata letak seperti apa yang kalian mau, lalu terakhir klik simpan
  
Langkah selanjutnya tentu saja tulis konten kamu. Bisa kejadian sehari-hari, bisa konten beauty, konten makanan, konten traveling, ataupun yang lainnya yang sesuai dengan diri kamu. Jadi apakah kalian sudah siap menjadi seorang blogger? Siap dong ya!

Oke jadi ini beberapa yang aku dapat. Semoga bermanfaat bagi kalian pemula blogger yang sedang mencari cara untuk memulai blog. Semangat terus ya! Thank you so much yang sudah mau baca. See you on my next blog.

You Might Also Like

18 komentar

  1. waah tutorial kaya gini dicari banget nih, dulu pas aku baru pertama kali buat blog juga bingung hihihihi, thank you for sharing <3

    BalasHapus
  2. wah bagus nih kak artikelnya, supaya yang baru belajar bisa memahami blog.

    BalasHapus
  3. Bermanfaat banget nih buat pemula yg pengen belajar blogging. Karena kebanyakan pasti masih bingung dr mana mulai nya.

    BalasHapus
  4. banyak banget yang nanya gimana cara jadi blogger ke aku, lain kali tinggal kasih link postingan ini deh :)

    BalasHapus
  5. Aku pakai template yang ada di blogger sih. Jadi nggak pakai acara backup dulu.

    BalasHapus
  6. Nice info nih, penting banget buat blogger pemula untuk baca baca tentang ini untuk memulai ngeblog

    BalasHapus
  7. bermanfaat sekali ka buat temen2 yang masih bingung mau memulai menulis di blog bagaimana :)

    BalasHapus
  8. Aku juga ikut nih sharing session bareng kak Icha. Aku beruntung sih bisa ikut sharing session nya, banyak bgt ilmu per-blog-an yg baru aku tahu dari sini.☺

    BalasHapus
  9. Wah, aku jadi inget masa2 pertama kali ngeblog. Gapteeek! Tapi dengan baca-baca tulisan kayak gini, dan baca dari Google, terus nanya-nanya, bisa deh sedikit-sedikit :D

    BalasHapus
  10. Berguna banget nih buat bikin tampilan blog ku lebih kece lagi dan ga itu itu aja

    BalasHapus
  11. Sekarang kalau mau atur-atur themes gitu lebih mudah ya, inget banget pas jaman 7 tahun lalu aku masih utak atik coding buat themes wakakak

    BalasHapus
  12. Sekalian kasih masukan beb, sekarang udah nggak bisa pake yg free themes, karena di susupi mallware... Sedihhh

    BalasHapus
  13. Nah...
    template ini penting banget.
    Bayangannya kalo mo nulis tuuh...pake mekap dulu, baju yang bagus dulu...biar banyak orang yang tertarik mampir.

    Tutorialnya bermanfaat sekali.
    Haturnuhun.

    BalasHapus
  14. wah ini penitng banget ya buat dijadikan tutorial mba. Karena ada beberapa yang tanya bagaimana membuat blog, tapi aku ga menuliskannya d blog aku hehe.

    BalasHapus
  15. Semangat selalu untuk para blogger yang baru memulai untuk berkarya jangan pernah menyerah untuk otak atik ya blognya biar tampilan nya jadi menarik

    BalasHapus
  16. mba lutfi, dilanjutkan mba step by stepnya, soalnya banyak banget yang nanya gimana cara bikin blog, biar enak kalau ada yg nanya tinggal share, hehe

    BalasHapus
  17. akujuga ikut ini nih. bermanfaat banget ya beb buat ngerapihin tampilan blog

    BalasHapus
  18. Yeaayy... ayo semangat ngeblog ya. Sangat menyenangkan saat bisa memahat memori melalui tulisan2 kita di blog. Apapun tema bisa masuk, langsung tulis aja, ga perlu pusing kudu ngadepin editor kaaann... soalnya editornya kan kita sendiri ;)

    BalasHapus